Kamis, 08 Juli 2010

Forged Piston

melalui artikel ini… gue coba menjelaskan sekilas tentang forged piston …!!! Didalam dunia per-piston-an… dikenal dua jenis piston… yaitu cast piston dan forged piston …!!! Cast piston itu dibuat melalui alumunium yang didihkan,… kemudian cairan alumunium tersebut… dibentuk sesuai cetakan… !!! Setelah itu piston tersebut… dilepaskan dari cetakan… dan siap untuk digunakan …!!! :D

Biasanya,… cast piston digunakan untuk keperluan yang ‘biasa’… tidak cocok untuk race ataupun engine yang membutuhkan performance tinggi …!!! Berbeda dengan cast piston,… forged piston itu dibentuk dari segumpal alumunium yang dipanaskan dan ditempa / dipress sehingga membentuk piston yang diinginkan …!!! Mungkin sebagai illustrasi,… jika mengerti pembuatan pedang Samurai, pedang ataupun keris… proses pembuatannya besi yang ditempa… sehingga menghasilkan senjata yang keras.. dan tidak mudah patah …!!! Demikian pula dengan forged piston… kualitas yang dihasilkan memang berbeda… dibandingkan cast piston… !!!

Penggunaan forged piston… sangat sesuai dengan engine yang mempunyai compression ratio tinggi …!!! So… dalam case Yamaha Xeon 125… yang mempunyai compression ratio 10.9:1… tentu masih enteng alias cincai untuk piston yang menggunakan teknologi forged piston …!!! Lha wong,… forged piston masih baik untuk menghandle compression ratio lebih dari 12:1 kok …!!! Monggo aza dilihat… piston buatan wiseco… yang menjadi pilihan para speed freak …!!! Oleh sebab itu… pabrikan Yamaha berani memberikan garansi 5 tahun untuk forged pistonnya…. !!!

Di dunia roda 4,… banyak pabrik besar seperti BMW, Porsche ataupun Ferrari yang menggunakan forged piston ini… untuk menghasilkan power lebih dari 500 HP …!!! Jadi penggunaan forged piston memang diarahkan untuk high-performance motorcyclez …!!! Lha teruz… apa donk kekurangannya menggunakan teknologi forged piston ini …??? Kejelekannya adalah harganya yang mahaaal… karena memang proses pembuatannya cukup kompleks… oleh sebab itu tidak heran… motor yang menggunakan forged piston…. relatif lebih mahal sedikit dibandingkan motor yang menggunakan cast piston …!!!

Last,… untuk mengetahui secara pasti pembuatan forged piston… monggo dilihat pada movie clips berikut … !!! Semoga bermanfaat penjelasan singkat mengenai forged piston…. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar